RSS

Sejarah Munculnya Teknologi Global Positioning System

09 Mar

1.1 Sejarah Muncul nya GPS secara Umum

Awal nya , orang dimasa lalu berpikir bagaimana untuk mengetahui keberadaan kita saat ini . Terkadang, hanya menyebutkan alamat suatu tempat, belum tentu kita menemukan posisi yang dimaksud oleh alamat tadi. Ataupun ada kesamaan alamat bisa terjadi pula. Hal inilah tentunya salah satu yang mendasari munculnya GPS.

Sistem Navigasidan posisi merupakan hal yang penting dalam berbagai aktivitas dan proses nyasampai saat ini masih dianggap suatu hal yang rumit. Selama bertahun tahun pengembangan teknologi navigasi ini di lakukan , untuk mencapai kemampuan navigasi yang baik dan  professional

Akhirnya Departemen Pertahanan Amerika Serikat memutuskan bahwa militer mereka harus memiliki suatu teknologi yang sangat presisi dan teliti  mengenai letak koordinat suatu wilayah. Kebetulan , pihak Militer Amerika serikat memiliki dana segar senilai 12 Juta dolar AS yang kemudian di jadikan untuk mewujudkan suatu teknologi navigasi yang mutakhir.

Alasan Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat system navigasi GIS adalah karena pada waktu itu ada suatu hal yang menarik dalam hal menentukan lokasi tempat dari lookasi misil yang di tembakkan oleh musuh. Tentunya dengan mengetahui dengan pasti lokasi musuh dari jarak jau maka kita bias menghancurkan musuh secara tepat dan cepat. Jika misil yang di tembakkan dari daratan , maka searching tempat bias sedikit lebih mudah , namun jika yang ditembakkan melalui samudera maka pencarian akan sulit , maka dibutuh kan lah aplikasi navigasi seperti ini.

Amerika Serikat kemudian mengadakan uji coba dengan 4 satelit, yang diberi nama TRANSIT.   Satelit ini memilik orbit sangat tinggi dan digunakan untuk kepentingan militer.   Namun, sistem ini masih memiliki akurasi rendah, dan posisi hanya bisa diperoleh setiap 2 jam.   Generasi berikutnya dibangun oleh NAVSTAR dan dioperasikan secara terbatas pada tahun 1986.   Sistem ini hanya berfungsi 3-4 jam setiap hari karena satelit yang diorbitkan hanya sedikit.   Pengorbitan satelit NAVSTAR sempat tertunda karena kecelakaan  Kapal Ruang Angkasa Challenger pada tahun 1988.   Challenger rencananya akan digunakan untuk meluncurkan satelit-satelit GPS NAVSTAR.

Sistem GPS benar-benar beroperasi pada saat dimulainya Perang Teluk pada tahun 1990.   Sistem satelit blok 1 diluncurkan sebagai tambahan atas blok 2 yang sudah terlebih dahulu diorbitkan.   Total satelit yang diorbitkan adalah 21 satelit, utnuk menyediakan sistem GPS di seluruh dunia, dengan kemampuan pengiriman data setiap saat.    Departemen Pertahanan AS juga mengoperasionalkan GPS yang dipasarkan bebas mulai tahun 1990.   Sistem ini masih dipakai sampai saat ini.   Satelit-satelit GPS mengorbit terhadap bumi 2 kali sehari pada ketinggian 11.000 mil diatas bumi, dan memancarkan elevasi dan posisi dengan tepat.

Sistem penerima GPS mengolah signal, lalu mengukur interval antara saat signal dipancarkan dan diterima untuk menentukan jarak antara antara receiver GPS di bumi dan satelit.  Pada saat receiver GPS menghitung data-data tersebut dari 3 satelit minimum, lokasi di permukaan bumi dapat ditentukan dengan cepat.   Dewan industri GPS baru saja mengumumkan bahwa peralatan receiver GPS ditargetkan akan terjual sampai 8 milyar Dollar sampai tahun 2000.   Penggunaan GPS memang telah meluas dalam berbagai sektor.   Receiver GPS bahkan telah dipasang di mobil-mobil mewah, dilengkapi dengan peta jalan digital dalam CD ROM yang akan menolong pengendara untuk menuju tempat tujuan.   Receiver GPS juga akan segera di integrasikan dengan telfon selular.   GPS pada saat ini telah menjadi teman yang baik di perjalanan dan akan sangat berjasa sebagai petunjuk arah pada saat yang gawat.

Kebijaksanaan tentang penggunaan GPS sendiri diatur dalam Federal navigation Plan (FRP), yang disiapkan oleh tim gabungan dari Departemen Pertahanan dan Departemen Transportasi AS, melalui berbagai pertemuan pada tahun 1992.   Namun pada dasarnya, GPS sendiri adalah milik Departemen Pertahanan, namun pada kelanjutannya menjadi peralatan yang dipasarkan bebas.

Rencananya satelit GPS akan ditambah 2 lagi, sehingga semuanya menjadi 24 satelit.   Kemampuan penuh GPS dengan 24 satelit (blok I,II, dan IIA) akan diumumkan oleh Departemen Pertahanan AS.   Sebelum berkemampuan penuh, Full Operational Capability (FOC) maka GPS sebenarnya sudah layak dipakai untuk bernavigasi, hanya kemampuan agak rendah.   Kondisi ini dinamakan Initial Operational Capability (IOC), yang dimulai sejak 8 Desember 1993.

Dikutip Dari beberapa suber , diantaranya http://www.wikipedia.com dan search portal google

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 9, 2012 in Tentang Polije

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: